Report this | Email | Print
BANDUNG - Terjadi penumpukan kendaraan di jalur Limbangan, Garut menuju Nagrek, Bandung hingga menimbulkan antrean sekira delapan kilometer. Kepadatan terjadi tepatnya dari Pasar Limbangan hingga Desa Ciaro, Nagrek.

Kepadatan yang terjadi hingga pukul 15.30 WIB, diakibatkan tersendatnya laju kendaraan saat melintas Pasar Limbangan, tempat keluar masuknya mobil angkutan pedesaan.

Selain itu, tertahannya kecepatan kendaraan juga diakibatkan banyaknya delman atau andong yang melintas di jalur tersebut. Untuk mengantisipasi kemacetan, beberapa personel kepolisian tampak sibuk mengatur arus lalu-lintas di depan Pasar Limbangan.

Kasat Lantas Polres Garut AKP Encun Carmana menyatakan, kecepatan kendaraan di wilayah Limbangan yang melintas di pos wilayah Polres Garut rata-rata sekira 30-40 kilometer per jam.

"Kepadatan kendaraan saat ini menandakan awal terjadinya arus mudik. Karena hari sebelumnya arus lalu-lintas normal-normal saja," ujar Encun kepada wartawan, Sabtu (27/9/2008).

Puncak arus mudik sendiri, lanjut dia, diperkirakan terjadi pada hari Minggu dan hari Senin mendatang.

"Agar tidak terjadi kemacetan, saya harap para pemudik dapat mencicil keberangkatannya mulai dari sekarang. Jangan nanti mendekati Lebaran," tandasnya.

Berdasarkan pantauan lalu-lintas di lapangan, sejumlah kendaraan besar yang digunakan untuk agenda mudik mulai nampak di sekitar Limbangan yang saat ini bercuaca cerah. Sementara itu, konvoi motor yang mendapat pengawalan polisi belum terlihat.

(Sigit Zulmunir/Trijaya/teb)
Views - Today : 820 Total : 820